Pertumbuhan Azizah(2)


Tulisan saya kali ini masih seputar Azizah dan bayi premature. Menyambung tulisan yang sebelumnya, bisa dibaca di sini dan di sini.

Menurut Penjelasan dspog yang menangani saya, ketika bayi yang lahir premature bisa diselamatkan pada saat persalinan, maka perlu diperhatikan masalah yang muncul di kemudian hari terkait dengan kesehatannya. Mengapa? Karena bayi yang lahir premature, beberapa syaraf yang terbentuk masih belum sempurna. Yang seharusnya syaraf itu mendekati sempurna ketika minggu-minggu terakhir kehamilan dan akan mencapai kesempurnaan setelah beberapa minggu bayi dilahirkan.

Saya ambil contoh secara fisik, mata dan telinga. Presentase bayi mature kemungkinan mengalami ketidaksempurnaan sangat kecil. Sedang pada bayi premature resiko mengalami cacat mata dan telinga lebih besar. Namun, bagi anda yang mempunyai keluarga yang lahirnya premature, jangan bersedih hati terlebih dahulu. Dari beberapa info gangguan penglihatan pada bayi premature atau biasa disebut ROP-retinopati of prematur bisa diterapi secara bertahap begitupun gangguan pada telinga yang bisa dicek dengan alat emisi otacoustic atau OAE.

————————————————————————————————

Begitupun dengan Azizah, anak saya yang kedua. Sesuai saran dokter untuk melakukan cek ROP dan tes OAE di minggu ke 6-10. Setelah melakukan janji dengan dokter THT dan dokter mata yang juga menyediakan alat tes OAE di RS tempat dokter praktek, kami pun segera memeriksakan Azizah di minggu ke-8. Bukan karena ia belum bisa melihat ataupun bereaksi kaget ketika mendengar suara keras, namun untuk kehati-hatian semata. Tidak ada salahnya bukan melakukan tes untuk pencegahan jika memang mengalami gangguan pada kedua indera tsb.

Secara kasat mata kami-aku dan abinya. Azizah sudah bisa mengikuti bayangan kami walau tidak selalu fokus dan terlihat memicingkan mata sewaktu silau dengan cahaya yang tiba-tiba terlihat olehnya, seperti silaunya ia melihat matahari sewaktu dijemur. Juga gerak refleksnya ketika kaget mendengar suara keras benda jatuh ataupun suara Fathan dan uminya yang menggelegar bak petir baginya hehe kalo yang ini kata abinya😀.

Dengan alasan kehati-hatian itulah, kami tetap memeriksakannya untuk pencegahan. Usai melewati tahap pengecekan ROP dan tes OAE yang lama itu, alhamdulillah dari keduanya menunjukkan hasil yang bagus. Sejauh ini, mata dan telinganya berfungsi dengan baik. Syukur Alhamdulillah, hilang satu lagi kekhawatiran kami.

Dan minggu-minggu berikutnya masih dibebani dengan upaya penggemukan Azizah untuk mengejar ketertinggalan bobot yang seharusnya sesuai usianya. Untuk tahap pertumbuhan sesuai usia, ada perbedaan antara bayi premature dengan bayi mature. Kalo pada bayi mature, tahapan tumbuh kembang sesuai dengan usia dihitung mulai dari kelahirannya misal, 0 bulan, 1 bulan dst. Sedang pada bayi premature, untuk perkembangannya tidak bisa disamakan dengan bayi cukup bulan. Cara penghitungan usia bayi prematur dalam hal tumbuh kembang yaitu mengurangkan usia lahirnya dengan sekian bulan dari perkiraan lahirnya. Misal, Azizah lahir di minggu ke 36 dari 40 minggu yang diperkirakan, berarti ia lahir 1 bulan lebih awal. Dan tahapan tumbuh kembang yang sesuai dengan usia Azizah(4 bln) yang lahir premature 1 bulan lebih awal adalah tahapan bayi usia 3 bulan normal/mature. Apa saja? bisa anda tanyakan langsung ke mbak gugel. *_^

Usia Azizah sekarang 3 bulan 1 minggu. ALhamdulillah sudah bisa melihat dengan jelas, meskipun kadang-kadang belum fokus, tapi sejauh ini ia selalu fokus melihat dan memberikan senyum manisnya dan ketawa renyahnya pada orang-orang yang selalu bersamanya, terutama saya, abinya dan Fathan-mas-nya. Subhanallah wal hamdulillah, sangat bahagia. Bobotnya sekarang sekitar 5-6 kg, ini perkiraan karena sebulan lalu hampir 5 kg. Dan kami belum cek beratnya lagi, karena belum ke dokter dan tidak berencana ke dokter, smoga sehat selalu. amiin.

Azizah Senyum

Satu lagi, Azizah 2 minggu ini mulai menyukai ketika ia dihadapkan ke salah satu tembok rumah kami, kenapa? karena ia bisa melihat gambar-gambar punya Fathan, gambar binatang, gambar alat transportasi, huruf-huruf, lengkap dengan coretan Fathan.🙂

Azizah

Jadi, untuk para orang tua atau anda yang punya keluarga yang lahir premature, yakinlah bahwa tidak semua bayi premature itu bermasalah. Dan tidak ada yang tidak mungkin bukan, jika Allah sudah berkehendak? Yang pertama dan utama adalah keyakinan anda sebagai orang terdekat baginya, bahwa anda bisa dan mampu mengurusnya, Allah kan pasti menolong hamba-Nya yang memohon pertolongan pada-Nya. Itu adalah modal utama agar anda sukses merawat bayi premature.

9 thoughts on “Pertumbuhan Azizah(2)

  1. subhanallah..semoga azizah sehat selalu ya..salam balik dari ummi putri nih..cupcup..
    mbak..aku punya award untukmu..diambil ya mbak…ada PR juga…

    semoga masih sempat ya mbak diantara mengurus azizah..^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s