Indentifikasi Kata (Bag. 2)


Kali ini pelajaran identifikasi kata didapatkan oleh Fathan dari hasil ekslporasinya sendiri.

Beberapa bulan terakhir, Fathan mempunyai kebiasaan unik. Hampir setiap hari ia nongkrong di toko mainan sebelah, sekedar berdiri dan melihat orang membeli. Dia tidak menyentuh, mengganggu ataupun mengambil mainan yang ada di toko itu. Murni hanya melihat dan memperhatikan orang membeli. Meskipun penjualnya terkenal galak dan pelit, tp tidak marah sewaktu fathan main-main di sana (mungkin). Seperti setiap aku menanyakan apakah anakku ada di dalam tokonya, jawabnya selalu tidak apa, tidak mengganggu.


Kebiasaan ini mungkin ia dapatkan karena menuruti permintaanku kala itu yang sedang hamil tua agar tidak main jauh-jauh. Kemarin setelah lama tidak beraktifitas di luar rumah, aku kira ia akan lupa main ke toko mainan itu. Tapi baru sebentar tidak menemaninya bermain (karena sedang mengurus si kecil), tiba-tiba saja ia sudah tidak ada. Tidak lama, iapun kembali seraya membawa permen dan katanya permen itu dikasih om yang jualan mobil.  Sambil makan permen, ia bergumam, “udah sana pulang”. Sedikit terkejut, kutanya apa mas (panggilanku untuk membiasakannya)? Dengan melambaikan tangan seperti orang mengusir sambil mengucap kata yang sama. Lalu kutanya lagi, siapa yang mengatakannya. Jawabnya polos, “om yang jualan mobil”, spontan sambil ketawa aku katakan padanya kalo itu namanya diusir. Lagi-lagi dengan polosnya ia menjawab bukan dan kembali menirukan gaya penjual mobil lengkap dengan kalimatnya. Akhirnya, perlahan-lahan aku jelaskan padanya kalo seperti itu namanya diusir dan tidak boleh main di sana lagi kecuali membeli, ya namanya saja toko.

Masih ketawa ketika menulis ini dan setiap kali teringat kejadian lucu itu.

18 thoughts on “Indentifikasi Kata (Bag. 2)

  1. Ya, anak-anak akan belajar dari lingkungannya. Sebagai orangtua, kita pun harus menjaga agar mereka tidak ‘lepas’ sehingga meniru kata-kata yang belum sepantasnya diucapkan. Good story….

  2. kalo boleh usul si Fathan suruh main ke blog-ku aja ditu mainannya banyak. ada yang bisa di download ada juga yang bisa langsung main secara online.
    hihihi…Solusi tepat sasaran…:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s