Identifikasi Kata (bag. 1)


Belajar Identifikasi kata-kata itu penting dilalui oleh seorang anak-anak di masa pertumbuhannya agar kelak dia mengerti maksud sebuah kata atau bahkan kalimat. Seperti kita yang sudah bukan anak-anak lagi atau lebih tepatnya dewasa dari sisi usia masih tetap terus belajar memahami sebuah kata, tentu saja sesuai dengan tingkatannya.

Selayaknya anak-anak seumurannya, Fathan pun ada masanya ia puas dan merasa cukup dengan apa yang ia miliki juga ada kalanya ia meminta apa yang menjadi keinginannya. Sewaktu usianya 2,5 tahun, setiap kali ditawari beli mainan/pakaian ia selalu menolak dengan bahasanya, “udah ini aja”.


Sekarang di usianya yang 3 tahun, bertemu dengan banyak teman sebayanya dan bermain bersama mereka. Sedikit banyak mempengaruhinya dalam berbagai hal, termasuk dalam mengungkapkan keinginannya memiliki sesuatu. Seperti ketika ia meminta mainan kesukaannya, mobil dan bola (laki-laki banget). “Umi, fathan mau mobil remot” Sesaat setelah ia melihat seorang anak usia TK dibelikan mainan mobil remot oleh mamanya di toko sebelah rumah.  Itu adalah kali pertamanya ia meminta mainan yang belum sesuai usianya, meskipun setiap hari selama 2 tahun kami tinggal di ruko dan di sebelah toko mainan.

Seperti biasa, aku memang tidak langsung menyetujuinya. Aku selalu memberi pengertian kepadanya alasan bersedia/tidaknya aku menuruti permintaannya. Sekalipun bersedia, aku tidak langsung menuruti kemauannya saat itu juga tapi selalu  menunggu abinya pulang kerja. Untuk apa? Ya untuk mendapatkan persetujuannya dan memberikan kesempatan padanya memiliki waktu bersama anaknya.

Cara ini berguna untuk mengajari anak agar bersedia bersabar dalam mendapatkan apa yang ia inginkan sekaligus memberi kesempatan kepada pasangan kita/suami atau tepatnya ayah bagi anak kita yang notabennya jarang berada di rumah sehingga memiliki waktu bersama dengan anaknya, sekalipun sedikit intensitas waktu bersama anaknya tapi tetap berkualitas.

2 thoughts on “Identifikasi Kata (bag. 1)

  1. Terus terang, sulit untuk menjelaskan atau menerangkan sebagaimana semestinya. Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba dan dicoba. Dan ini menjadi pelajaran menarik untuk saling berkomunikasi. Cheers … ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s