Bayi Premature


Bayi premature apakah itu? samakah dengan bayi mature? normalkah? Dan masih banyak lagi pertanyaan serupa terkait dengan bayi premature.


Bayi premature adalah bayi yang lahir sebelum masa kehamilan mencapai usia 37 minggu (disebut juga bayi kurang bulan) dan beratnya kurang dari 2 kg (bayi berat lahir rendah/BBLR). Karena bayi dikatakan mature ketika usianya melewati usia kehamilan 37 minggu dan beratnya lebih dari 2.5kg. Penyebab bayi lahir premature atau BBLR bisa dari ibu atau dari janin itu sendiri.

Dari ibu, bisa jadi  dikarenakan: asupan gizi ibu selama masa kehamilan, usia ibu (< 18 th atau >40th), hipertensi, penyakit jantung dan diabetes, pendarahan hebat, eklampsia/pre eklampsia,  trauma/aktivitas fisik berlebihan, dan ibu perokok aktif. Sedangkan dari bayi, faktor pemicunya adalah,kelainan bawaan, gawat janin, bayi kembar, infeksi, faktor plasenta,  pertumbuhan janin terhambat yang disingkat PJT/IUGR.

Bayi yang lahir premature kemungkinan besar akan dimasukkan inkubator (box penghangat yang dilengkapi alat pengatur suhu) untuk menjaga suhu tubuh bayi premature agar tetap normal dan tidak mengalami hipotermia/penurunan suhu dan perlu ekstra perawatan dalam pemberian minum(ASI) dan pencegahan dari infeksi. Dan biasanya bayi premature tidak bisa langsung pulang dari rumah sakit karena perlu perawatan intensif sampai bayi dinyatakan sehat dan boleh dibawa pulang.  Bayi dinyatakan sehat jika, sudah tidak lagi dipasang selang infus, mempunyai refleks isap yang kuat dan tidak kuning. Jadi bukan dikarenakan BB/berat badan.

Bayi dengan BBLR juga sangat rentan terjadinya hiportemia, karena tipisnya cadangan lemak di bawah kulit dan masih belum matangnya pusat pengatur panas di otak. Untuk itu, BBLR harus selalu dijaga kehangatan tubuhnya. Salah satu cara yang paling efektif selain box pengatur suhu/inkubator adalah dengan metode kanguru. Yaitu dengan menggendong bayi dalam dekapan dengan bersentuhan kulit antara bayi dengan yang menggendongnya, bisa dengan ibunya dan bergantian dengan ayah atau keluarga yang lain.

17 thoughts on “Bayi Premature

  1. kakak saya pernah melahirkan bayi prematur dengan umur 5 bulan setengah namun cuma sehari menghirup udara dunia , itu karena kakak saya ngajar turun naik tangga akhirnya jadi cepat keluar.

  2. Aku juga pernah dengar kalau sebaiknya ketika masih bayi harus sering digendong supaya bisa mendengar detak jantung ibunya seperti masih dalam kandungan. Hal tersebut dapat menenangkan…..

    Semoga dede bayinya sehat terus ya mba🙂

  3. bayi saya lahir 20sept kmrn uk 32-33 minggu bb 1,8kg.. di inkubator 8hr.. alhamdulillah skrg bb sdh 4kg, hanya penglihatannya masih blm fokus..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s