Sirah Nabawiyah


Subhanallah buku Sirah Nabawiyah-nya Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthy bagus, lengkap dengan penjelasan yang singkat namun (InsyaAllah) tidak mengurangi runtutan peristiwa yang terjadi di jaman Rasulullah, bahasanya ringan tanpa mengurangi bobot isi buku Sirah tersebut. Membacanya menjadi tau tanpa harus berpayah2 menelaah dan mencerna bahasa yang disajikan. Enak banget dah pokonya baca buku itu. Kapan2 InsyaAllah, kalo ada waktu di copas-in deh di blog ini. sementara daftar isinya dulu yaaa… .

Pentingnya Sirah Nabawiyah
Tujuan mengkaji Sirah Nabawiyah bukan sekedar untuk mengetahui peristiwa-peristiwa sejarah yang mengungkapkan kisah-kisah dan kasus yang menarik. Karena itu, tidak sepatutnya kita menganggap kajian fikih Sirah Nabawiyah termasuk sejarah, sebagaimana kajian tentang sejarah hidup salah seorang Khalifah, atau sesuatu periode sejarah yang telah silam.
Sumber-Sumber Sirah Nabawiyah
Secara umum dapat disebutkan di sini bahwa sumber-sumber dan rujukan Sirah Nabawiyah ada tiga, yaitu: Kitab Allah, Sunnah Nabawiyah yang shahih, dan kitab-kitab Sirah.

Rahasia dipilihnya Jazirah Arabia sebagai Tempat Kelahiran dan Pertumbuhan Islam

Sebelum membahas Sirah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berbicara tentang jazirah Arabia, tempat yang dipilih Allah sebagai tempat kelahiran dan pertumbuhannya, terlebih dahulu kita harus menjelaskan hikmah Ilahiyah yang menentukan bi’tsah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di bagian dunia ini, dan pertumbuhan dakwah Islam di tangan bangsa Arab sebelum bangsa lainnya.

dll, nanti disambung lg, sekarang mau ujian dulu yaa, 

Do’a niru do’anya Nabi Yunus as

Ya Allah yang Maha Luas IlmuNya, hamba ujian ya Allah
Ya Allah yang Maha Bijaksana, hamba sedang bla bla bla… .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s